12
Jul
2019

Rocky Gerung Kembali Trending, Salah Siapakah?

Oleh: Penyair Amatir

PENYAIR-AMATIR.ID – Rocky Gerung kembali trending kembali trending di youtube. Salah siapakah?

Haha. Sudah lama saya ingin menulis sang filsuf yang menurut beberapa orang itu seorang yang cerdas sekaliber profesor. Yang juga dihujat dengan sebutan yang paling buruk nan busuk.

Sang filsuf? Baiklah, kalau tidak terima. Saya sebut orang utan saja. Seperti “pinned” di twitternya itu.

[ GUE ORANGUTAN. MALES NGELADENIN ORANG-ORANGAN]

Yes. Satire. Itulah Rocky Gerung. Atu kalian boleh sebut Rocky Grong-grong. Atau apalah. Asal bahagia saja.

Saya bisa bebas nulis sebab kondisinya lebih lega. “Legah” demikian ucap Rocky.

Kalau sebelum Pilpres, nanti akan digiring kemana-mana. Sekarang, ketika keputusan MK telah final, yang juga tak luput dari kritikan tajam pendaki gunung itu di ILC pekan ini, setidaknya ada semacam kelegaan untuk menulis sedikit tentang seorang Rocky.

Bukti bahwa Rocky masih ngehits, yakni kembali trendingnya percakapannya di ILC pekan ini. Bandingkan dengan narsum lain yang juga bukan kaleng-kaleng.

Kalau belum lihat videonya, lihatlah. Maksud saya lalu lintas komentar di video itu. Ia dipuja sekaligus dicaci. Yang kritis. Yang cerdas. Yang omong doang. Tukang ngibul. Dst.

Kalau belum puas, lacak tiap video yang ada Rocky-nya di youtube. Seru. Bahkan ketika pertempuran Pilpres telah berakhir. Tentu bagi yang yakin kika mantan dosen UI itu hanya numpang tenar saja di ILC dan Pilpres sekaligus.

Nah, di media sosial selalu bertabur akun Rocky. Beragam nama. Tapi sejatinya, dia hanya punya satu akun. Di twitter. Yang tiap hari selalu bikin saya ngakak. Ya karena itu tadi, di puji dan dibuly.

Posisi saya di mana? Saya memang beberapa point setuju dengan pemikiran kritis Rocky Gerung. Sebagian lagi saya tidak setuju. Itu juga yang Rocky selalu bilang. Berpikir bukan mengangguk. Berpikir itu menggeleng.

Saya ketemu Rokcy di acaranya Unitomo. Seminar. Pesertanya membludak. Bahkan ketika dia turun dari panggung hingga ke parkiran, seperti selebritis. Dikerubutin. Dicolak-colek juga.

Ketika itu, seperti biasa pikiran-pikirannya tajam dan bernas. Di sesi tanya jawab, seorang mahasiswa menanyakan “bagaimana kiat untuk sukses kuliah”.

Jawabannya seperti biasa. Rocky sekali. Ia balik mengritik ucapan salam dari si mahasiswa. Kurang lebih ketika saya simulasikan begini.

“Ada masalah dalam ucapan salam yang kamu ucapin. Salam sejahtera untuk kita semua. Ini tidak betul. Salam itu kamu ucapkan dari kamu untuk orang lain. Jadi harusnya: salam sejahtera untuk kalian semua. Nah begitu. Jadi perbaiki itu. Maka kamu akan suksea kuliah.”

Tentu seisi gedung langsung pecah. Kala itu.

Di penutup video yang kini trending itu, dia mengatakan. Bahwa, keputusan MK telah mengikat. “Terima itu sebagai fakta demokrasi. Sejarah yang baik tidak mencatat pemenang, tetapi mencatat kecurangan.”

Ya. Semakin banyak yang membencinya. Semakin pula sebaliknya. Semakin besar pula ia.

Satu catatan penting. Rocky menempuh jalannya sendiri. Sebagai orang merdeka.

Silakan Anda membencinya. Silakan Anda memujanya. Tapi ingat, dia hanyalah manusia semacam kita. Yang bisa dungu juga.

Sidoarjo
4/7/2019

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *